Kumpulan cerita Anak Islam Sebelum tidur

11 Feb 2011

Rasulullah mengibaratkan bayi yang baru lahir sebagai kertas putih yang belum ternoda. Terserah kita ingin menuliskan apa ke atas kertas putih itu. Apa yang kita tuliskan ke atas kertas putih itu akan menjadikan kertas tersebut bertuliskan huruf-huruf yang kita tuliskan.

Begitu juga halnya dengan bayi ataupun anak kita. Apa yang kita ajarkan kepada anak kita, akan membuat anak kita menjadi seperti apa yang kita ajarkan. Jika kita ingin anak kita menjadi anak yang baik, shaleh, berbakti kepada orang tua, maka mulailah mengajarkan hal-hal baik tersebut sejak anak masih bayi.

Mengajarkan Kebaikan Melalui Cerita Anak Islam

Salah satu yang bisa dilakukan untuk mengajarkan anak kita tentang kebaikan adalah dengan membacakan kumpulan cerita anak islam sebelum tidur. Kumpulan cerita ini biasanya berisi tentang nasehat-nasehat kepada anak, tentang cerita-cerita teladan nabi, ataupun cerita-cerita sahabat.

Daya ingat anak yang kuat akan membuat kumpulan cerita anak islami yang kita bacakan diserap oleh ingatannya. Dengan demikian, kita akan lebih mudah mendidik anak, karena si anak sudah menampung ingatan tentang apa yang kita ajarkan.

Misalnya saja, jika kita ingin mengajarkan agar anak bersikap sabar, kita bisa menceritakan kembali tentang cerita nabi Nuh yang terus membuat kapal walaupun dirinya dihina oleh orang-orang di negerinya.

Atau, jika kita ingin agar anak kita tidak sombong, kita bisa memberikan contoh Firaun yang ditenggelamkan oleh Allah di tengah Laut Merah karena kesombongannya tidak mau mengakui Allah sebagai Tuhan.

Variasi Cerita Menghindarkan Kebosanan

Sangat banyak sekali buku yang berisi kumpulan cerita anak islami yang bisa kita dapatkan di toko buku. Kita bisa memilih beberapa buku yang bervariasi agar anak kita tidak bosan mendengar cerita yang kita bacakan. Misalnya saja, kita mengambil buku kumpulan cerita nabi dan buku cerita binatang dalam Al Quran.

Kita bisa membacakan kedua buku Kumpulan cerita anak islami tersebut secara bergantian. Satu malam kita bacakan kumpulan cerita nabi dan malam berikutnya kita bacakan kumpulan cerita binatang dalam Al Quran, esok malamnya lagi kita bacakan kumpulan cerita nabi. Begitu seterusnya bergantian kita bacakan buku cerita anak.

Bercerita Diiringi Musik Klasik

Dalam pembacaan buku cerita Islami tersebut lebih bagus lagi jika kita membacakannya sambil memperdengarkan alunan musik klasik. Alunan musik klasik terbukti meningkatkan kinerja otak. Bahkan, tumbuhan merambat yang diperdengarkan musik klasik pun akan bereaksi dengan tumbuh mendekati asal suara musik klasik tersebut.

Jika orang tua kita dulu menceritakan tentang dongeng si Kancil ataupun dongeng bawang merah dan bawang putih, sudah saatnya kita bacakan kumpulan cerita anak islami sejak dini kepada anak kita. Semoga saja dengan langkah sederhana ini akan membantu meningkatkan kualitas budi pekerti anak kita nantinya.

Sumber : www.anneahira.com


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post